Sedekah Bumi Jontro dalam situasi Pandemi Covid-19

             Pada hari Jum’at, 10 Juli 2020 desa Jontro melaksanakan acara bersih desa yang diselenggarakan secara rutin per tahun. Dalam situasi masa Pandemi Covid-19 saat ini, Pemerintah Desa Jontro mengadakan musyawarah bersama warga untuk  acara ritual / Bancak’an Sedekah Bumi Jontro tahun ini diselenggaran disetiap wilayah RT/RW masing – masing dengan selalu memperhatikan dan mematuhi Protokoler Kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Tapi pada kenyataanya setelah warga mengadakan acara tersebut di masing – masing wilayah RT/RW , juga banyak yang ikut mengadakan kembali di Punden Nyai Lanjar juga. Pengunjung dari berbagai desa sekitarpun banyak yangn menghadiri.

Dengan adanya acara yang terkesan sangat diyakini rakyat atas berkah anugerah yang diharapkan dari Gusti Alloh SWT terkabul, lantaran pangestu berkah dari Kaki Danyang Nini Danyang Desa, maka kami menghimbau secara tegas kepada setiap pengunjung yang menghadiri acara ritual tersebut untuk selalu menjaga jarak, cuci tangan dan selalu memakai masker.

             Acara dimulai sejak hari Kamis, 09 Juli 2020 jam 19.00 wib dengan mengadakan Tahlil dan Do’a bersama antara unsur Pemerintah Desa, BPD dan semua Lembaga Desa. Untuk acara pagi harinya mulai jam 06.00 WIB warga masyarakat desa Jontro dan desa sekitarnya yang memiliki lahan dan persawahan serta semua masyarakat tani, tanpa diberitahu tetap datang berduyun – duyun membawa brekat / besek’an di Punden Nyai Lanjar Desa Jontro.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan